MANFAAT TANAMAN NANAS

MANFAAT TANAMAN NANAS

Buah nenas dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, bahan pakan ternak, dan bahan baku industri. Buah nenas dapat dikonsumsi dalam keadaan segar atau dijadikan produk olahan, dan dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat seperti buah kalengan, manisan, selai, sari buah dan beberapa produk lain seperti keripik nenas (makanan kering). Konsentrat nenas untuk skala besar telah diproduksi di Kalimantan Barat. Di daerah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat telah dibangun pabrik konsentrat nenas berkualitas tinggi yang di ekspor ke China, Eropa dan USA. Kubu Raya mempunyai kapasitas produksi nenas 450 ton per hari atau 30 ton per jam, sedangkan pabrik tersebut dapat mengolah konsentrat nenas kualitas tinggi 3 ton per jam. Bahan baku diperoleh dari lahan inti seluas 3.000 ha dan lahan plasma seluas 650 ha dari luas keseluruhan 10.000 ha. Pengolahan nenas dapat menjadi alternatif pada saat produksi buah melimpah, sehingga harga jual tetap menguntungkan.
Buah nenas juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol darah sehingga dapat mencegah stroke. Enzim bromelain yang terkandung di dalam nenas, dapat menghambat pertumbuhan tumor. Efek diuretic dan respiration-induction yang dimiliki nenas menyebabkan nenas dapat mengurangi demam dan mempercepat pengeluaran racun dari dalam tubuh. ”Skin debridement propertis”-nya berperan dalam mempercepat penyembuhan luka. Parutan nenas dapat digunakan untuk membuang kulit mati, sehingga kulit tampak lebih lembut dan halus.
Nenas juga mengandung vitamin A yang membantu untuk menjaga kesehatan mata. Nenas merupakan sumber antioksidan alami yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan konsentrasi darah putih (leukosit). Sehingga tidaklah berlebihan jika Ericht Hinkrichs menyebutkan dalam bukunya “Pineapple : King of the Fruit”.
Enzim bromealin dalam nenas melarutkan lendir yang sangat kental dalam sistem pencernaan, juga dapat menghancurkan bisul bila ada. Masakan yang dibuat dengan 250 gram nenas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.
Manfaat enzim bromealin :
memecah lemak di usus sehingga membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan.
mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol darah (membersihkan darah) dan mencegah stroke.
meningkatkan pencernaan.
mencuci timbunan protein dan parasit cacing pada dinding usus sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan melalui feces.
menghambat pertumbuhan sel kanker.
merangsang serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
Manfaat buah nenas lainnya adalah : dapat menjaga keseimbangan hormon tubuh, sehingga sangat berguna bagi wanita untuk mengatur siklus menstruasi. Wanita yang baru melahirkan disarankan mengkonsumsi nenas dalam jumlah cukup untuk membersihkan rahim dan mempercepat penyembuhan. Mengandung tryptophan dan serotonin untuk relaksasi otak yang bermanfaat dalam mengurangi depresi, serta meningkatkan mood dan konsentrasi.
Perlu klarifikasi terhadap pameo di masyarakat: nenas tidak baik bagi wanita (menyebabkan keputihan dan keguguran). Hal ini hanya berlaku bagi wanita yang sensitif. Lagipula nenas yang matang aman untuk dikonsumsi.

Daun Nenas
Sebagai bahan baku industri daun nenas memiliki kandunan serat yang cukup tinggi,dengan kandungan selulosa 38-48%, homoselulosa 67%, alpa selulosa 31%, lignin 17%, dan pentosa 26%. Serat dari daun nenas dapat dimanfaatkan sebagai pembuat kertas yang cocok untuk tissue,filter rokok dan pembersih lensa. Kertas dari serat daun nenas memiliki kualitas yang baik dengan permukaan yang halus. Di Pekalongan, oleh Rusdiyanto dikembangkan batik serat nenas yang mana kain serat nenasnya berasal dari Kecamatan Belik – Kabupaten Pemalang dan dari Pabrik Radika di Pekalongan.

Ekstrak Ampas Nenas
Penambahan ekstrak ampas nenas sebagai medium campuran pada pembuatan nata de cashew (seperti nata de coco) berpengaruh terhadap rendemen dan mutu nata de cashew. Perlakuan penambahan ekstrak ampas nenas dengan perbandingan 3 : 6 memberikan hasil rendemen dan mutu terbaik dengan rendemen sebesar 75,40%, ketebalan 1,84 cm, Ph 4,16, serat kasar 2,316%, tektur 4,02 (kenyal) dan rasa 3,96 (suka). Nata de cashew dikonsumsi sebagai makanan tambahan, bahan pencampur coctail, yogurt dan sebagai makanan penutup. Nata de cashew tergolong makanan yang berkalori rendah karena mengandung serat pangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan makanan yang terjadi dalam usus halus dan penyerapan air dalam usus besar. Nata dihasilkan dari proses fermentasi pada substrat yang mengandung gula dan nitrogen pada pH yang sesuai dengan perkembangan A. xylinum yaitu berkisar antara 4 – 4,5.

Tanaman hias
Tanaman hias, misalnya Neoregelia ’Pink grass’ dengan penampilan mencolok berbalut warna merah jambu. Jenis lain misalnya alcantarea yang bersosok besar sehingga menjadi fokus pandang jika dihadirkan di halaman. Bunga aechmea apalagi bunga guzmania yang menghasilkan bunga yang cantik berwarna cerah : merah, kuning dan oranye dan sering dijadikan bunga potong. Guzmania biasa dijual 25-60 ribu rupiah per pot. Namun jenis neoregelia dan vriesa lebih mahal lagi. Vriesa venetralis berwarna kuning hijau segar dilepas antara 1-1,5 juta rupiah per pot.

Limbah Nenas / Kulit Nenas
Selain buahnya, bagian tanaman nenas yaang lain dapat pula dimanfaatkan seperti kulit buah. Kulit buah nenas dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak yang disebut silase. Silase adalah produk fermentasi an-aerobik bakteri asam laktat yang berasal dari hijauan dengan kadar air tinggi. Silase merupakan bahan pakan yang basah dan lembut, sehingga disukai ternak dan tidak mengganggu kelancaran sistem pencernaan.
Limbah nenas, baik hasil pengalengan maupun limbah tanaman dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan ternak dan ikan. Nilai gizi limbah pengalengan nenas lebih tinggi dibandingkan dengan limbah tanaman nenas. Penyusun utama limbah pengalengan nenas adalah karbohidrat mudah larut terutama gula. Limbah pengalengan nenas mengandung provitamin A sekitar 80.000 I.U berdasarkan bahan kering. Pemanfaatan limbah nenas dalam bentuk kering atau dalam bentuk dedak lebih menguntungkan daripada bentuk segar atau basah.
Berdasarkan kandungan nutriennya, ternyata kulit buah nenas mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi. Menurut Wijana, dkk (1991) kulit nenas mengandung 81,72 % air; 20,87 % serat kasar; 17,53 % karbohidrat; 4,41 % protein dan 13,65 % gula reduksi. Mengingat kandungan karbohidrat dan gula yang cukup tinggi tersebut maka kulit nenas memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bahan kimia, salah satunya etanol melalui proses fermentasi.

Iklan

One thought on “MANFAAT TANAMAN NANAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s